Thursday, August 21, 2008

Testimoni Aktifasi Telkom Fleksi

Saya pengguna flexi dengan nomor 021 – 33330xxx (nomor agak cantik). Awalnya saya pergi tugas ke luar kota beberapa minggu. Saya bermaksud menggunakan Flexi Combo, dan mengaktifkannya di perjalanan ke Bandara Soekarno Hatta. Di tempat tujuan ternyata nomor flexi saya tidak bisa aktif. Ya sudahlah, karena saya masih punya nomor GSM atau CDMA yg lain yang tidak perlu ganti nomor kalau keluar kota. Di kota lain tersebut, saya tidak mengaktifkan ke Plasa Telkom setempat atau ke pusat layanan lain karena saya menilai hal ini menyusahkan saya.

Sekarang setelah saya kembali ke Jakarta ternyata tanpa disadari nomor nya sudah tidak aktif sejak tanggal 10 Agustus 2008 yang lalu. Saya bermaksud mengaktifkan kembali nomor tersebut. Saya coba hubungi layanan 147. Diinformasikan bahwa saya bisa mendatangi Plasa Telkom terdekat dan saya diinformasikan yang terdekat itu di Kebon Sirih Jakarta Pusat. Saya juga menanyakan berapa lama prosesnya. Petugas di 147 mengatakan itu tidak lama dan cukup membawa identitas diri dan nanti akan ada kartu baru.

Kebetulan hari Senin 18 Agustus 2008 saya ke Mal Kelapa Gading (MKG) dan mampir ke flexi centre (saya lupa namanya apa? Apakah Plaza Telkom atau apa?) yang ada di MKG. Ternyata informasi yang ada disana bahwa prosesnya 7 hari dengan biaya Rp. 85.000,- dan akan diganti kartu baru. Saya mengurungkan niat untuk melakukan aktifasi disana. dan saya telp lagi 147. Ternyata infonya masih sama dengan saya telpon sebelumnya yaitu aktifasinya tidak lama, malah bisa ditunggu.

Akhirnya saya ke Plasa Telkom di Kebon Sirih pada pagi hari sekitar jam 9.00 WIB. disana dilayani oleh petugas yang bernama Lala Sartika. Di sana saya serahkan KTP untuk difotocopy dan biayanya (hanya) Rp, 35.000,-. Ms. Lala menginformasikan bahwa aktifasinya 7 hari.. (Wek, kok beda dengan info di Call Centre 147). Saya tanya setelah ini prosesnya apa? Ms. Lala mengatakan bahwa Saya diminta menunggu saja sambil diaktifkan. waktu saya tanya apakah perlu ganti kartu? Ms Lala mengatakan apakah saya masih pegang kartunya? Saya jawab masih. Ms Lala bilang kalau kartu itu masih bisa dipakai.

Saya coba cek di website telkomflexi.com, tidak ada menu keluhan pelanggannya karena saya ingin mengadukannya. Akhirnya saya telpon lagi 147, ternyata di sistem belum ada informasi apa-apa tentang nomor saya?

Dari kejadian diatas, ada beberapa catatan :
1. Untuk perusahaan yang telah lama bermain dalam bisnis telekomunikasi di Indonesia, ada perbedaan informasi dari petugas call center dengan petugas dilapangan.
2. Tidak ada standar yang jelas untuk pelayanan aktifasi kartu flexi.
3. Proses ini sangat ketinggalan dibanding profider lain, dimana kalau profider lain cukup membayar ganti kartu, dan beberapa jam kemudian kartu itu bisa aktif kembali.
4. Apakah sedemikian rumitnya proses aktifasi di era serba digital ini?
5. Sepertinya Telkom belum meninggalkan budaya birokrasi pemerintah yang jelek menjadi budaya kepuasan konsumen. Seakan-akan Telkom masih menjadi pemain tunggal dalam bisnis telekomunikasi retail.

1 comment:

ainul ridha, the nice seen said...

Setelah di Email ke pihak telkomnya, baru pagi ini 22 Agustus 2008, No Flexi saya aktif kembali.

 
© 2008 free template by kangrohman modification by agungwasono